Infomedia Kelola Layanan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu – Call Center 119 Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI bekerja sama dengan Infomedia dan TELKOM melalui dinas kesehatan DKI Jakarta meluncurkan Layanan Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) Call Center 119.

Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat, tanggal 1 Maret 2013 dan bertempat di Balai Agung – Balai Kota DKI Jakarta tersebut, dihadiri oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta – Bapak Basuki Tjahaja Purnama, Kepala Dinas Kesehatan Pemprov DKI Jakarta – Ibu dr Dien Emawati, M.Kes, Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemenkes RI – Bapak Prof. DR. Dr. AkmalTaher, SpU (K), Direktur Utama PT. Askes Persero – Bapak Fachmi Idris beserta direktur utama berbagai rumah sakit yang terdapat di Jakarta.

Sistem Penanganan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) call center 119 ini bertujuan untuk menangani pasien gawat darurat dan di bawah koordinasi Dinas Kesehatan DKI.

Untuk tahap awal, ada 9 rumah sakit yang terintegrasi dengan call center 119 tersebut. Yaitu, RSCM, RS Jantung Harapan Kita, RSAB Harapan Kita, RSUP Fatmawati, RSUP Persahabatan, RSUD Tarakan, RSUD Koja, RSUD Cengkareng dan RSPAD Gatot Subroto. Seperti yang dikutip dari news.detik.com, Dien menargetkan, dalam waktu sebulan, seluruh rumah sakit yang berkerjasama dengan Dinkes DKI, baik pemerintah maupun swasta, akan terhubung juga dengan dengan sistem ini. Hingga saat ini, sudah ada 51 ambulans yang
tersebar di 5 kota administrasi DKI, tanpa dipungut biaya apa pun dalam wilayah DKI Jakarta. (*)